Selasa, 31 Juli 2012

Kebiasaan untuk Kualitas Otak


    otakkita.com

Ingin memiliki kehidupan yang sehat dan bahagia bersama keluarga tercinta? Percayalah, Anda bisa mendapatkannya. Tahukah Anda, ternyata hal itu tidak terlalu sulit dicapai. Anda hanya membutuhkan waktu satu hari untuk berhenti melakukan kebiasaan tertentu. Hanya sehari! Ini tidak akan menyakiti Anda, sebaliknya benar-benar bisa membantu Anda, diberitakan dari laman Modern Mom.
  • Stop mengomelCobalah untuk tidak mengomel pada anak-anak atau suami Anda mengenai apa yang mereka kerjakan. Sebaliknya, fokuslah untuk mengembangkan sikap positif, seperti memberi pujian, tentang apa yang mereka lakukan. Pengalaman ini akan memberikan Anda perspektif baru pada sikap Anda.
  • Berhenti makan makanan cepat saji: Kita semua tahu makanan cepat saji tidak terlalu baik untuk diet, tetapi kita tetap saja suka mengonsumsinya dengan berbagai alasan. Sekarang, cobalah hanya untuk satu hari, tidak membelinya.
  • Berhenti merokok atau minum minuman memabukkan: Ini tidak bermaksud untuk membatasi kebebasan Anda memilih gaya hidup. Cobalah memiliki satu hari penuh tanpa merokok atau minum keras. Pada titik tertentu, Anda mungkin akan terkejut, bahwa sebenarnya Anda tidak benar-benar membutuhkan rokok dan minuman keras.
  • Berhenti menyimpan dendam: Studi di University of Tennessee-Knoxville menemukan bahwa ketika seseorang tidak mau menyimpan dendam, berarti dia telah menurunkan tekanan darahnya sekaligus memperbaiki kondisi hatinya. Jadi, dengan melepaskan segala kebencian hanya untuk satu hari, maka manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan sangat besar. Bahkan, dapat menjadi kebiasaan untuk memaafkan sesama dan cepat melupakan kebencian!
  • Stop menunda-nunda: Jangan membiarkan satu pekerjaan tertunda-tunda karena Anda malas mengerjakannya. Ini hanya akan membuat Anda terbebani dan lama-lama dapat menjadi siksaan berat, karena menunda pada akhirnya hanya menciptakan pekerjaan baru.
  • Berhenti mengatakan ‘Ya’ bila hati mengatakan ‘Tidak’: Jangan memaksakan diri untuk melakukan sesuatu sebenarnya kita tidak ingin melakukannya. Jangan membohongi diri.
  • Berhenti memeriksa email, facebook, dan twitter: Bebaskan diri Anda dari aktivitas membuka dan menjawab email, facebook, dan twitter, hanya dalam satu hari ini. Percayalah, bumi tidak akan berhenti berputar, walau Anda tidak memeriksa akun pribadi. Jadi, dalam satu hari ini, benar-benar nikmatilah.
Anda sangat beruntung bila punya hobi aerobik, terutama Anda yang sudah usia lanjut. Karena, menurut penelitian terbaru University of North Carolina di Chapel Hill School of Medicine, aktivitas ini dapat membantu menjaga kemampuan terbaik dari otak. Penelitian yang dipimpin oleh Elizabeth Bullitt, MD ini membuktikan bahwa orang tua yang aktif secara fisik akan memiliki pembuluh darah otak yang jauh lebih sehat dibandingkan orang seusianya yang kurang aktif.

Seperti diberitakan dari laman Times Of India, studi ini menggunakan resonansi magnetik non-invasif (MR) angiografi untuk memeriksa jumlah dan bentuk pembuluh darah di otak orang lanjut usia. Mereka terdiri dari 7 pria dan 7 wanita yang usianya mulai dari 60 tahun sampai 80 tahun. Subyek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok yang memiliki aktivitas tinggi, yakni mereka yang ikut kegiatan aerobik selama minimal 180 menit per minggu selama 10 tahun terakhir berturut-turut. Kemudian kelompok yang aktivitasnya lebih rendah, yakni mereka yang selama ini tidak memiliki sejarah olahraga teratur atau hanya menghabiskan kurang dari 90 menit sepekan untuk aktivitas fisik.

Para peneliti yang disponsori oleh National Institutes of Health National Institute of Biomedical Imaging and Bioengineering kemudian mencatat perbedaan yang signifikan. Kemampuan otak orang yang aktif masih lebih baik dibandingkan yang kurang begitu aktif. 
Disunting dari : (
www.suaramedia.com)

Tidak ada komentar: